One Fine Day - Cake Shop Recipe Class with Indonesian Food Blogger

Satu lagi kegiatan seru IDFB di bulan ini, tepatnya tanggal 20/04/16 lalu. Kali ini bekerjasama dengan Bungasari Flour Mills Indonesiamengadakan Cake Shop Recipe Class membuat cake istimewa: Sacher Torte. 




Kelas dimulai jam 09.30 pagi. Diawali dengan perkenalan dan penjelasan  oleh mas Danny tentang apa saja produk tepung dari Bungasari dan keunggulannya. Ternyata variannya cukup lengkap lho! 

Secara garis besar ada dua; Premium dan Super Premium. Bedanya apa? Jelas beda, kelas Super Premium menjanjikan hasil yang jauh lebih sempurna daripada yang Premium. Harga juga sudah pasti beda dong... *grin


Dan kalau berdasar jenisnya ada tiga kategori; Protein Tinggi, Protein Sedang, dan Protein Rendah. Jangan salah pakai tepung terigu ya, karena dengan pemakaian yang tepat hasilnya akan bisa maksimal.



Daaan, satu lagi keunggulan produk dari Bungasari; mereka mengklaim bahwa produk tepung terigunya memiliki butiran paling halus dan paling bersih se-Indonesia karena menggunakan teknologi terkini dalam proses produksinya. Bahkan bahan baku gandum yang digunakan pun hanya yang berasal dari Australia, Kanada, dan Amerika, negara-negara penghasil gandum terbaik di dunia saja.

Setelah sesi penjelasan produk, selanjutnya kami diberi pencerahan tentang tips-tips penting seputar pembuatan cake berdasar jenisnya oleh Chef Kelik.

Pada umumnya ada tiga macam cake; Sponge Cake, Chiffon Cake, dan Pound Cake. 

Ketiganya memiliki karakteristik berbeda dan handling berbeda pula. Mulai cara pengocokan adonan, penggunaan alas loyang yang tepat, sampai proses pembakaran, seluruhnya juga dijelaskan secara gamblang dan detail. Jadi meskipun bahan utama yang dipakai kurang lebih sama, tetapi dengan metode berbeda hasilnya juga akan berbeda. Wah. 

Setelah penjelasan selesai, waktunya acara inti: praktek bikin Sacher Torte. Yeay..!
Buat yang belum tahu, Sacher Torte ini adalah salah satu dessert istimewa berupa cake cokelat (torte) yang ditemukan oleh Frans Sacher, seorang berkebangsaan Austria pada pertengahan abad ke 19. Silahkan googling sendiri ya kalau mau sejarah lengkapnya.

Lanjut...

Dapur di gedung Bungasari Innovation Center ini asyik banget lho. Cukup luas, besih, lengkap, dan pencahayaan juga bagus. Iya dong, buat motret doong.. *kibas kerudung
Oya, intermezzo sikit, setiap weekend mereka buka baking class untuk umum dengan biaya yang sangat reasonable. Jadwalnya bisa dilihat di facebook fan page Dapur Inovasi Bungasari.

Kami ber-15 dibagi menjadi 3 grup. Aku ada di grup 2 bareng mbak Tika, mbak Dita, mbak Anita, dan mbak Memez. Tiap grup bikin 2x resep yang nantinya akan dijadikan 6 loyang berdiameter 15 cm. Lebih 1 loyang buat2 icip-icip. 5 loyang lainnya kita bawa pulang masing-masing. Asyiiikk..!


Para tim rusuh :D

Proses kerja berlangsung seru dan heboh. Chef Kelik dan Chef Latief bergantian mendampingi ketiga grup selama proses kerja. Mulai dari scratch sampai sudah jadi cake yang cantik. Seru, iya. Heboh, banget.


Resep Sacher Torte ala Bola Salju dari Bungasari


Proses pembuatan base cake untuk Sacher Torte


Proses dekor Sacher Torte

Dan inilah hasil kreasi Sacher Torte grup kami. Ngga kalah cantik dengan yang dijual di cafe kan? Tinggal siapkan secangkir kopi, voila! Berasa ngopi di cafe.. *uhuk



Biar kekinian, foto sama Chef ^^

Ada sedikit surprise dari Chef & tim Bungasari, ternyata mereka memilih 2 pemenang berdasar review hasil kerja. Alhamdulillah, punyaku terpilih jadi terbaik kedua setelah punya mbak Arni. Hihihi.. Lumayaaan, dapat souvenir cantik dari Bungasari. Thank you!


Kecentilan pakai macaron kuneng ^^



Ngga terasa sudah jam 3 sore. Kegiatan seru kali ini harus sudah diakhiri. Seperti biasa, sesi terakhir adalah sesi foto bareng plus icip-icip hasil kerja. Enak banget sodara-sodara! Tekstur cake yang lembut plus selai blueberry, masih pula pakai ganache cokelat, heaven. Sorga. Kayaknya harus diulang bikin sendiri nanti di rumah. Mumpung dapat goodie bag 6 kilo tepung terigu *nyengir* Iya, enam kilo! 


Hati riang pulang bawa kue enak plus tentengan segambreng. 
Ahahah.. Kapan-kapan lagi yaaaa..


Thank you Bungasari untuk one fine day-nya..! Thank you juga IDFB *smooch*




BUNGASARI INNOVATION CENTER
PT Bungasari Flour Mills Indonesia
Jl.Taman Pakubuwono 6 No.11 Jakarta Selatan
Phone : +62 21 724 3394







0 komentar:

Posting Komentar